IBX5AB36B98DB97D

Breaking News

Tips Parenting Untuk Memberikan Pengertian Pada Anak Mengenai Kematian


Kematian merupakan hal paling sulit bagi orang yang ditinggalkan. Apalagi untuk anak-anak, mereka belum tahu yang sebenarnya terjadi. Ketika orang terdekat meninggal dunia, orang tua harus bisa menjelaskannya dengan baik. cepat atau lambat anak-anak harus tahu tentang masalah kematian orang terdekat. Orang dewasa tidak bisa menghindarinya terus menerus. Anak-anak pasti akan bertanya, ibu kemana ya? Om kok tidak pernah main ke rumah dan pertanyaan lainnya. Berikut ini beberapa tips parenting untuk memberikan pengertian pada anak mengenai konsep kematian.

istockphoto

Gunakan Bahasa Yang Mudah dan Jelas

Pada saat menjelaskan konsep kematian ke anak-anak, gunakan bahasa yang mudah dan jelas. Gunakan bahasa yang bisa dipahami anak-anak. Banyak orang tua yang memilih menjelaskan dengan kalimat : om sedang tidur atau nenek sudah pergi ke tempat jauh dan lainnya. Kalimat itu memang tidak salah, tetapi pemahaman anak akan berbeda. Mereka akan terus bertanya, kapan pulangnya, kok tidur nggak bangun-bangun, oleh karena itu orang tua harus menjelaskan dengan kata yang mudah. Misalnya mengatakan bahwa tante meninggal, dia sudah tidak bisa bernapas,bergerak dan lainnya. Adik doakan tante terus ya. 

Jangan Pernah Hindari Pertanyaan

Anak-anak pasti akan bertanya terus menerus. Karena tingkat penasaran mereka sedang tinggi. Jangan hindari pertanyaan-pertanyaan itu. Jawablah dengan senyum dan tenang. Mereka pasti merasakan kehilangan orang tersayang. Jelaskan lagi dengan baik ke anak-anak. Jangan buat anak takut, tetapi biarkan mereka memahami sedikit demi sedikit. Bila mereka terus bertanya, tetap respon semua pertanyaan mereka,.

Kenali Respon Anak

Kematian bisa menimbulkan trauma pada anak. Oleh karena orang tua harus memberikan parenting yang tepat. Apalagi yang meninggal adalah orang paling dekat dengan anak-anak. Setiap anak akan menunjukan respon yang berbeda. Orang tua harus bisa mengenali respon anak. Berikan penjelasan bahwa menangis atau sedih merupakan hal biasa. Bila mereka menangis, berikan pengertian dan jadilah orang yang selalu ada untuknya. Jangan lupa untuk selalu memberi pengawasan terus menerus.

Lakukan Aktivitas Normal

Cobalah untuk melakukan aktivitas normal seperti pada umumnya. Orang tua harus memberi contoh untuk tetap aktif dan bahagia seperti biasanya. Jangan tunjukan kesedihan anda terus menerus di depan anak, karena bisa membuat anak tidak nyaman dan semakin bertanya. Jika anak terus merenung, ajaklah melakukan aktivitas yang menggembirakan. 

Konsultasi Ke Dokter

Bila dalam waktu tertentu, anak masih merasa sedih dan tidak mau melalukan aktivitas lainnya. Lebih baik untuk konsultasikan ke dokter. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, akan mengganggu kesehatan mental dan fisiknya. Itulah sedikit informasi parenting yang bisa kami sampaikan untuk memberikan penjelasan tentang kematian kepada anak.

Tidak ada komentar